Minggu, 14 April 2013

Lestari MERUANG MASA - Jagongan Wagen April 2013


Padepokan Seni Bagong Kusudiharja
Jagongan Wagen
edisi April 2013

LESTARI MERUANG MASSA

28 April 2013 jam 19.30 WIB
Umum dan Gratis



Pada sebuah “RUANG” hidup yang bernama Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, banyak ruang lain yang satu di antaranya akrab disapa dengan nama Jagongan Wagen. 


Jagongan Wagen itu sendiri telah menjadi ruang dialog yang hidup bagi sejumlah manusia (seniman dan masyarakat), yang masing-masing juga memiliki ruang-nya sendiri-sendiri.

Dalam ruang Jagongan Wagen pada masa yang dilalui bulan kemarin, kita telah bersama-sama menikmati dan meruang di dalam memori. 


Banyak ingatan atau kenangan yang mengajak kita melampaui “keberadaan” fisik saat itu. Fisik diajak untuk menjelajahi ruang pada masa yang entah depan atau belakang. Kadang malah bolak-balik.

Itulah masa, energinya berada pada kapasitas mengajak manusia untuk ke depan atau ke belakang. Lalu bagaimana bila ruang dan masa berkolaborasi ?

Banyak manusia yang hidup dan menghidupi ruang Jagongan Wagen, dan itu melestarikan kehidupan manusia yang ada di Jagongan Wagen, dan kehidupan Jagongan Wagen yang ada di setiap manusia. 

Usaha melestarikan hal-hal yang berharga adalah perjuangan, yang harapannya kehadirannya dapat meruang sepanjang masa.

Geliat tubuh manusia dengan tari menjadi ruang juang yang mendayakan pikiran, perasaan dan lakunya, untuk selalu menghidupkan masa-masa tari. Hingga akhirnya kelestarian tari yang hidup di dalam diri manusia (seniman dan masyarakat), dan kelestarian hidupnya manusia di tari dapat tergenapi, terwujud dan terasa.

Terima kasih untuk pertemuan kita di Ruang dan Masa.
Semoga Lestari.

Tidak ada komentar: