Kamis, 11 April 2013

Jangkar Babu, Sangkat Madu



Teater Garasi dan Tifa Foundation mempersembahkan:


"JANGKAR BABU. SANGKAR MADU."

Sebuah karya inisiatif dari seniman Teater Garasi, B. Verry Handayani, berkolaborasi dengan Andri Nur Latif, Banjar Tri Andaru Cahyo, Ega Kuspriyanto, Elisabeth Lespirita Veani, Erwin Zubiyan, Febrianus Anggit Sudibyo, Febrinawan Prestianto, Gading Narendra Paksi, Irfanuddien Ghozali, Lusia Neti Cahyani, JDM. Meko Mana, Nailil Muna, Nesia Putri Amarasthi, Syamsul Islam, Siti Fauziah, Tita Dian Wulansari.


Tempat Pertunjukan :
Studio Teater Garasi
Jl. Bugisan Selatan No.36 A,
Tegal Kenongo, Yogyakarta
Waktu :
Kamis dan Jumat, 
25 & 26 April 2013 pk 19.00 WIB
Tiket : 
Rp 20.000,00
Hotline reservasi: 085 7475 32000,
0877 1991 1200 
(TIDAK TERSEDIA TICKET BOX)

Pertunjukan ini juga akan dipentaskan di Blitar dan Jakarta pada bulan Mei 2013.

Jangkar Babu adalah sebuah proyek teater dokumenter yang mengangkat isu buruh migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Jangkar Babu diangkat berdasarkan penelitian tim Teater Garasi di salah satu desa di Kulon Progo, Yogyakarta, di mana 80% penduduknya adalah atau pernah menjadi buruh migran. 

Jika selama ini isu buruh migran lebih banyak dititikberatkan kepada advokasi atas kasus yang dialami buruh migran, maka proyek ini mencoba melihat bagaimana buruh migran beroperasi sebagai subyek/agen budaya yang mendapatkan modal budaya, pengetahuan, dan skill/ketrampilan selama menjadi buruh migran dan bagaimana mereka memanfaatkan modal ini setelah kembali ke tanah air. Dengan fokus pada sisi budaya, proyek ini hendak mempelajari pula bagaimana subyek buruh migran mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang potensial untuk keberdayaan personal dan sosial mereka. Proyek ini berharap bisa melebarkan wacana buruh migran dengan menyorongkan kebutuhan advokasi kultural, di samping berbagai advokasi sosial, politik, dan ekonomi yang sudah berlangsung selama ini.

Tidak ada komentar: