Rabu, 08 Oktober 2014

Diskusi Musik dan Gerakan Demokrasi 90an : PRELIMINARY NOTES




Preliminary Notes
It Sounds Like a Whisper
Musik dan Gerakan Demokrasi Dekade 90’an


Dalam konteks Musik dan Gerakan Demokrasi, sangat mungkin penggalan lirik lagu Tracy Chapman ‘Talkin’ bout a Revolution’ adalah manifestasi dari peran musik dalam proses Demokrasi. ‘Don’t You Know, They’re talking bout a Revolution. It Sounds Like a Whisper’. Hanya bisikan. Musik bukanlah sesuatu yang muncul sebagai pemeran utama. Lirih dan bersembunyi.

Merujuk pada gerakan demokratisasi dekade 90’an (yang dikenal dengan Gerakan Reformasi), khususnya di Yogyakarta, kita ingin mengkaji kaitan musik dengan gerakan sosial/gerakan moral yang dimotori oleh Mahasiswa menuju jatuhnya Presiden Soeharto pada tahun 1998. Apakah bisa dikatakan musik memegang peran tertentu dalam proses demokratisasi secara kolektif.

Musik sendiri sebagai produk juga mengalami pembebasannya dengan merujuk demokrasi sebagai praktik atau prinsip kesetaraan sosial. Di era 90’an skena musik Yogyakarta (Juga Indonesia) perlawanan terhadap korporasi rekaman besar sedikit demi sedikit muncul dalam wujud sebagai apa yang sering disebut dengan gerakan musik indie dengan falsafah Do-it-Yourself (DIY).

Dalam hal ini, Laras - Studies of Music in Society, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri/PKKH - Universitas Gadjah Mada mengadakan serial forum studi ‘Preliminary Notes’ yang dalam beberapa seri pertemuannya akan memberlangsungkan tukar pikiran dalam koridor Musik & the Civil Society.

Dalam It Sounds Like a Whisper - Musik dan Gerakan Demokrasi Dekade 90’an, forum ini akan menghadirkan dua pembicara: Indra Menus (praktisi Musik) dan Antariksa (Peneliti di Kunci Cultural Studies / mantan aktivis kampus). Dengan moderator Rizky Sasono aka Risky Summerbee. Forum pertama ini akan diadakan pada:

Rabu, 22 Oktober 2014
Pukul 14.00 WIB
di Ruang B4.
Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri - PKKH
Universitas Gadjah Mada

Diskusi ini terbuka untuk umum. Gratis.

1 komentar:

chord gitar mengatakan...

sangat bagus sekali postingannya saya suka