Sabtu, 27 April 2013

Diskusi Perkembangan dan Perjalanan Wayang


Balai Sudjatmoko Surakarta, menggelar Diskusi dengan tema :
Perkembangan dan perjalanan Wayang 
bersama dalang Ki Purbo Asmoro

Balai Soedjatmoko Surakarta
11 Mei 2013 jam 09.30 WIB

Purbo Asmoro, lahir di Pacitan, Jawa Timur di tahun 1961, garis keturunannya berasal dari paling sedikit enam generasi dalang ternama di tanah Jawa. Namun, beliau adalah keturunan pertama dari keluarganya yang menjalani pendidikan formal pasca-sarjana. Beliau memegang gelar S-2 Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. Sebagai pengajar senior Jurusan Pedalangan di ISI (Institut Seni Indonesia) selama lebih dari dua puluh tahun, Purbo Asmoro mendedikasikan waktunya antara mengajar dan menggelar pementasan wayang kulit yang menjadi kariernya. Beliau memiliki banyak pengikut dan penggemar setia dari berbagai komunitas yang datang dari segala penjuru Indonesia.

Purbo Asmoro pernah menjalani empat tur pertunjukan wayang ke Amerika Serikat dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini; ia menyelenggarakan pementasan di Washington DC, New York City, Chicago, Seattle, Houston, Dallas, Santa Fe, termasuk di Cornell University, University of Michigan, Wesleyan University, dan Oberlin College. Selain itu, beliau juga pernah tur ke Inggris dan Prancis, pernah juga menggelar wayang di Jepang, India, Bolivia, Austria, Kepulauan Yunani, Thailand, dan Singapura.

Purbo Asmoro tidak hanya diakui karena inovasinya dalam membawakan lakon wayang klasik, namun juga karena tema-tema kompleks, pesan moral yang terkandung dari pertunjukannya yang kerap mengajak penonton ikut berpikir.


Tidak ada komentar: